Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Mata
Pelajaran :B. Inggris
Kelas/Semester : X/2
Pertemuan ke : 7
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
1.
Memahami
makna dalam teks fungsional pendek dan teks monolog sedehana berbentuk recount,
narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
mengakses ilmu pengetahuan populer.
2.
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek
dan teks monolog
berbentuk recount, narrative
dan procedure dalam konteks kehifupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan..
Kompetensi Dasar
1.
Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam teks
berbentuk: procedure
2.
Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana
yang menggunakan ragam bahasa lisan secar aakurat, lancar dan berterima dalam
teks berbentuk: procedure
Indikator
1. Merespon
teks monolog sederhana berbentuk procedure
2. Melakukan teks monolog lisan berbentuk procedure
1.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa dapat merespon teks monolog sederhana berbentuk procedure
·
Siswa dapat melakukan teks monolog lisan berbentuk procedure
2.
Materi Pokok
Teks monolog berbentuk procedure, contohnya:
|
3.
Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
4. Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§ Siswa mereview kembali penggunaan Action Verbs sebagai ciri
kebahasaan teks procedure.
§ Siswa mengetahui bahwa pada pertemuan ini mereka akan mempelajari
ciri kebahasaan teks lisan monlog procedure yang lain yaiu sentence
connectors.
·
Kegiatan Inti (70’)
§ Siswa membaca penjelasaan mengenai
penggunaan sentence connectors.
§ Siswa melengkapi paragraf dengan sentence
connectors yang tepat.
·
Kegiatan Akhir (10’)
§ Siswa menyimpulkan aspek bahasa teks lisan procedure (tujuan,
organisasi dan ciri-ciri kebahasaan)
5. Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 1 (hal 70-71)
·
Kaset/CD
·
Tape
·
Script dari Look Ahead 1
6. Penilaian
·
Teknik: Performance Assessment
·
Bentuk: Pertanyaan lisan &
latihan tertulis
Kasimbar, 1 Juli 2016
Mengetahui
Plt. Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Irjan, S.Pd, M.Si. Bahrul
Fajrih
NIP. 19710310 200012 1 003
Materi
A. Pay
attention to this text
First, crack an egg into a
bowl like this. Then whisk the egg
with a fork until it is smooth. After
that, add some milk and whisk well. Grate the cheese into the bowl and
stir. Now, heat
the oil in a frying pan, and pour the mixture into the frying pan. Then, turn the omelet with a spatula
when it browns. See, like this. Okay, next
cook both sides. After the omelet is
done, place it on a plate, don’t forget
to season it with salt and pepper and you can eat it while warm. It’s easy,
isn’t it? Bon appetite!
The bold words above are
called sentence connectors. They are
used for telling actions in order (showing someone how to do something or to
make things or showing the order of instructions). These are the others example
of sentence connectors:
First of all .........
Then........
Next.......
After that.......
Finally......
To ......
Meanwhile.......
Make sure you.........
Be careful not to.......
Remember to.......
Don’t forget to..........
B. Complete
the paragraph using the sentence connectors of action verbs that is provided.
How to Boil an Egg
Do you know how to boil an egg? Well,
this is the way .............(1)heat a saucepan of water on the stove.
..............(2) put the egg in the boiling water. .........(3)heat it until
it boils. ........(4) cook it for three minutes. .................(5)leave the
egg until it cools. Now the egg is ready to serve. .........(6)serve it with
pepper powder and salt.
a. to
|
b. then
|
e.
after that
|
c. finally
|
d. next
|
f. first
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar