Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Mata Pelajaran :B. Inggris
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan ke : 28
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar
Kompetensi
1.
Memahami
makna dalam teks fungsional pendek dan teks monolog sedehana berbentuk recount,
narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
mengakses ilmu pengetahuan populer.
2. Mengungkapkan makna dalam teks
fungsional pendek dan teks monolog berbentuk recount, narrative dan procedure
dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
1.
Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam teks
berbentuk: procedure
2.
Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana
yang menggunakan ragam bahasa lisan secar aakurat, lancar dan berterima dalam
teks berbentuk: procedure
Indikator
1. Merespon
teks monolog sederhana berbentuk procedure
2. Melakukan teks monolog lisan berbentuk procedure
1. Tujuan Pembelajaran
·
Siswa dapat merespon teks monolog sederhana berbentuk procedure
·
Siswa dapat melakukan
teks monolog lisan berbentuk procedure
2.
Materi Pokok
Teks monolog berbentuk procedure contohnya:
|
3.
Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
4. Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§ Tanya-jawab mengenai cara membuat teh atau kopi
·
Kegiatan Inti (70’)
§ Siswa mendengarkan teks monolog lisan
berbentuk teks procedure.
§ Siswa menyusun gambar berdasarkan
apa yang didengarnya.
§ Siswa melafalkan beberapa kosakata
dari teks monolog yang didengarnya
§ Siswa membahas kembali ungkapan yang
digunakan dalam menawarkan minuman pada teks monolog yang didengarnya
§ Siswa membaca dan melafalkan
ungkapan-ungkapan lain yang digunakan untuk menaawarkan minuman/minuman dan
responnya.
§ Siswa berpasangan menawarkan
makanan/minuman sesuai gambar pada buku dan meresponnya.
§ Siswa melakukan games yaitu menawarkan
makanan/minuman pada teman secara berantai.
§ Siswa membuat percakapan berkelompok
berdasarkan situasi yang diberikan.
§ Siswa dipilh secara acak oleh guru
mempraktekkan dialognya.
·
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa menyimpulkan kegiatan
yang pembelajaran yang
dilakukan pada pertemuan ini.
5. Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 1 (hal 64-66)
·
Kaset/CD
·
Tape
·
Script dari Look Ahead 1
6. Penilaian
·
Teknik: Performance Assessment (responding)
·
Bentuk: Pertanyaan lisan &
dialog
Kasimbar, 1 Januari 2017
Mengetahui
Plt. Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Irjan, S.Pd, M.Si. Bahrul
Fajrih
NIP. 19710310 200012 1 003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar